Friday 25 October 2019

018.Kisah 10 Sahabat Pemetik Janji Syurga

••{ Bismillahirrahmanirrahim }••
SIRAH SAHABAT
KISAH 10 SAHABAT PEMETIK JANJI SYURGA
✒ Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafizhahullah
UMAR BIN AL-KHATHTHAB RADHIYALLAHU'ANHU
bahagian 5⃣


Ketinggian Ilmu Umar

عَنْ حَمْزَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -ﷺ- قَالَ « بَيْنَا أَنَا نَائِمٌ إِذْ رَأَيْتُ قَدَحًا أُتِيتُ بِهِ فِيهِ لَبَنٌ فَشَرِبْتُ مِنْهُ حَتَّى إِنِّى لأَرَى الرِّىَّ يَجْرِى فِى أَظْفَارِى ثُمَّ أَعْطَيْتُ فَضْلِى عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ ». قَالُوا فَمَا أَوَّلْتَ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الْعِلْمَ ».
Dari Hamzah bin Abdillah bin Umar bin al-Khaththab –semoga ALLAH meridhainya- dari ayahnya dari Rasulullah ﷺ bersabda:
"Ketika aku tidur, aku melihat bahawa aku diberikan segelas susu. Aku pun meminum sebagian darinya hingga aku melihat (begitu penuhnya susu itu menular ke dalam kulitku) hingga mengalir melalui jari-jemariku. Kemudian aku berikan kelebihan minumku kepada Umar bin al-Khaththab." Para Sahabat bertanya: "Apa yang anda tafsirkan dari (mimpi) itu wahai Rasulullah?" Nabi bersabda:
"Ilmu."
[H.R al-Bukhari dan Muslim]

Mengapa mimpi tentang susu ditafsirkan dengan ilmu? Para Ulama menjelaskan sisi kesamaan antara susu dengan ilmu. Susu adalah gizi terbaik bagi manusia saat awal kelahirannya. Keberadaan susu menjaga kesinambungan hidup seorang anak manusia. Memberikan kecukupan gizi baginya dari makan dan minum. Demikian juga ilmu yang memberikan kehidupan bagi ruh dan hati manusia. Ilmu juga merupakan sebab kebaikan dunia dan akhirat. Hadits ini menunjukkan keutamaan Umar bin al-Khaththab bahwa beliau memiliki ilmu yang tinggi. Beliau mendapat kelebihan susu (yang ditafsirkan sebagai ilmu) dari Nabi ﷺ. Namun, hal itu bukan berarti bahawa Umar lebih tinggi ilmunya dibandingkan Abu Bakr. Banyak hadits menunjukkan bahwa ilmu Abu Bakr lebih dibandingkan Umar. Seperti peristiwa pada perdamaian Hudaibiyyah, jawaban Abu Bakr sama persis dengan jawaban Nabi ﷺ saat Umar merasa ada yang kurang setuju dalam peristiwa itu.
[Faidah penjelasan Syaikh Ibn Utsaimin dalam syarh Shahih al-Bukhari (1/233)]

Sahabat Nabi Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu juga mengakui ketinggian ilmu Umar yang melebihi majoriti orang-orang lain. Ibnu Mas'ud menyatakan:

لَوْ أَنَّ عِلْمَ عُمَرَ وُضِعَ فِي كِفَّةِ الْمِيْزَانِ وَوُضِعَ عِلْمُ أَهْلِ الْأَرْضِ فِي كِفَّةٍ لَرَجَحَ عِلْمُهُ بِعِلْمِهِمْ
"Kalau seandainya ilmu Umar diletakkan pada lengan suatu timbangan dan ilmu penduduk bumi diletakkan di lengan yang satunya, nescaya lebih berat ilmu Umar dibandingkan ilmu mereka."
[H.R at-Thabarani]



...insyaa-ALLAH akan bersambung
(Siri bahasa Malaysia. Juga terdapat di dalam bahasa Indonesia terbitan AtTuqa.)
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Ikhwah Salafy Malaysia
#SirahUmar5